Selasa, 19 Februari 2013

Syarat-Syarat APD


APD yang disediakan harus memenuhi syarat :
1)Harus memberikan perlindungan yang cukup terhadap bahaya yang dihadapi tenaga kerja/sesuai dengan sumber bahaya yang ada.
2)Tidak mudah rusak.
3)Tidak mengganggu aktifitas pemakai.
4)Mudah diperoleh dipemasaran.
5)Memenuhi syarat spesifik lain.
6)Nyaman dipakai.
Dalam program pengadaan APD untuk melindungi tenaga kerja dalam bekerja, maka penyimpanan, pemeliharaan APD sebaiknya dibilik yang sangat sensitif terhadap perubahan tertentu, waktu kadaluarsanya dan tidak akan menimbulkan alergi terhadap sipemakai serta tidak menularkan penyakit.
Alat Pelindung Diri Lain
Selain APD yang disebutkan di atas, tidak boleh dilupakan/diabaikan adalah alat bantu lain untuk pekerjaan tertentu, misalnya mereka yang bekerja di sumuran/piting di bawah permukaan tanah atau di bawah permukaan air dan untuk mereka yang bekerja pada ketinggian di atas tanah. Alat pelindung yang dimaksud adalah :
1)Safety Bot
Gunanya untuk melindungi kaki supaya tidak cedera. Dengan syarat safety boot terlindung metal bagian depan, dengan daya tahan terhadap tekanan sampai 2500 pounds tahan panas, anti minyak dan bahan kimia serta non conductif, dapat menahan benturan 450 kg dari ketinggian 30 cm.
2)Safety Belt (Sabuk Pengaman)
Safety belt biasa disebut dengan sabuk pengaman atau harnest sangat penting bagi mereka di tempat ketinggian terutama diatas tiga meter. Selain APD pada saat tenaga kerja melakukan seharusnya disiapkan seorang atau dua orang pembantu karena sendirian beresiko

Tidak ada komentar:

Posting Komentar